HomeBeritaSyarat, Prosedur dan Biaya Ganti Paspor yang Habis Masa Berlaku

Syarat, Prosedur dan Biaya Ganti Paspor yang Habis Masa Berlaku

Advertisements
halaman resmi Badan Pengusahaan Batam

SUARAKALA.id – Halo Sobat Santuy. Sekadar informasi bagi kamu yang mau ganti paspor karena habis masa berlaku.

Dikutip dari laman @imigrasibatam, pada Rabu (5/5/2021) berikut syarat, prosedur dan biaya ganti paspor yang habis masa berlakunya:

Persyaratan:

  • e KTP
  • Paspor lama terbitan di atas 2009

Tambahan:

  • Surat Pewarganegaraan Indonesia;
  • Surat Penetapan Ganti Nama;
  • Surat Rekomendasi Kemenker bagi Calon PMI;
  • Surat Travel Umroh;
  • Bukti Pembayaran Ibadah Haji & Rekomendasi Kemenag

Persyaratan (Anak di Bawah Umur 17 Tahun):

  • e KTP Kedua Orang Tua
  • Paspor Lama Anak, Paspor Orang Tua terbitan di atas 2009

Tambahan :

  • Surat Pewarganegaraan Indonesia
  • Surat Penetapan Ganti Nama
  • Surat Travel Umroh
  • Bukti Pembayaran Ibadah Haji & Rekomendasi Kemenag
  • Mengisi Pernyataan Orang Tua.

baca juga : Buat Paspor Di Hari Minggu Sudah Bisa Di Mall Botania 2, Cek…

baca juga : Ini Syarat Permohonan Paspor Baru Anak yang Lahir di Luar Ne…

Prosedur:

  1. Pemohon melakukan pendaftaran antrean melalui Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online.
  2. Pemohon membuat aku Email dan mengisi data user, setelah mendapatkan info “akun ada telah diaktifasi” , pemohon dapat membuka laman permohonan antrian.
  3. Pemohon menentukan sendiri jadwal kedatanganya ke Kantor Imigrasi (Tanggal dan Waktu).
  4. Setelah mendapatkan komfirmasi, pemohon mendapatkan bukti pendaftaran berupa QR code dan jadwal kedatangan antrian Online (Bukti Cetak Elektronik), yang kemudian dicetak dan dibawa oleh pemohon beserta persyaratan permohonan (Dokumen asli dan Foto copy).
  5. Pemohon mengisi formulir, surat pernyataan (Untuk Orang Dewasa) atau surat pemohonan (Untuk Anak di Bawah Umur) dan melengkapi persyaratan.
  6. Pemohon membawa fotocopy berkas permohonan kepada petugas Customer Care untuk memeriksa kelengkapan berkas permohonan, kemudian mendapatkan nomor antrian, sidik jari, foto dan wawancara.
  7. Pemohon melakukan sidik jari, foto dan wawancara dengan menunjukkan seluruh dokumen asli berkas permohonan.
  8. Pemohon mendapatkan bukti tanda terima permohonan dari petugas untuk melakukan pembayaran.
  9. Pemohon dapat melakukan pembayaran melalui PT. Pos Indonesia, Bank Persepsi dan e-commerce.

Untuk biaya :

  1. Paspor Biasa 48 halaman untuk WNI Rp 350.000
  2. Paspor Elektronik 48 halaman untuk WNI Rp 650.000
    Paspor selesai tiga hari kerja.

Penulis : Iko

No comments

leave a comment