HomeBeritaSimak 5 Kesalahan dalam Menyeduh Kopi!

Simak 5 Kesalahan dalam Menyeduh Kopi!

SUARAKALA.id, Batam – Bicara rasa, bebas bagi setiap orang. Terutama menilai cita rasa kopi. Setahu Khalid Aldino, barista Kakopila ini, ada beberapa kesalahan barista dalam menyeduh kopi.

Pertama: waktu penyeduhan.
“Terlalu lama menyeduh bisa menjadikan hasil seduhan lebih pahit,” kata pemuda yang akrab disapa Dino ini kepada suarakala.id, Minggu (24/1/2021).

baca juga : Cara Membuat Es Kopi Soda yang Enak, Cobain Yuk!

Katanya, seringkali terjadi pada seduhan pour over entah itu V60, Flat Bottom. Seperti kopi yang beratnya 15 gram hanya perlu 4 menit penyeduhan.

Kedua : Rasio Kopi dan Air
Dino menilai, gramasi kopi yang digunakan harus sesuai dengan rasio airnya agar tidak menghasilkan kopi yang watery. “Watery ini, rasa air. Kalau kekurangan air kopi terasa lebih soft,” tambahnya.

Ketiga: Kebersihan Alat Seduh
Ketika menggunakan 1 alat untuk dipakai lebih dari 2 jenis bahan pasti akan menyisakan bahan sebelumnya. “Quality control sangat diutamakan,” pesan Dino.

Keempat: Metode Penyeduhan
Kalau karakter kopi yang terang dan jernih dengan menggunakan French press, pasti kurang tepat. “Karena French press masih meninggalkan bubuk kopi yang halus dan bisa ikut terminum juga,” kata Dino. Cara mengatasinya: kopi harus disaring ulang dengan kertas filter.

Kelima : Langkah-langkah Penyeduhan
Perhatikan langkah di setiap penyeduhan. Misal: ketika membuat kopi tubruk susu anda menuang kopi dulu ke dalam gelas lalu menambahkan kental manis. “Ini merupakan langkah yang kurang tepat. Karena air akan terhalang dengan kental manis, sehingga proses blooming kurang maksimal,” ulasnya.

Penulis : Iko

Latest comment
  • 0.5

leave a comment