Halaman Resmi BP Batam
HomeBeritaPesta Panen Budaya Karo di Tengah Pendemi

Pesta Panen Budaya Karo di Tengah Pendemi

SUARAKALA.id – Kerja tahun (pesta tahunan) adalah pesta panen raya yang sudah menjadi tradisi masyarakat Karo, Sumatera Utara.

Pesta ini diadakan sebagai ucapan syukur atas panen padi. Setiap desa di Tanah Karo menentukan bulan pesta masing-masing. Sesuai waktu panennya Sobat Santuy.

Kerja Tahun diadakan dua hari dan biasanya di akhir pekan. Yaitu Sabtu dan Minggu. Tuan rumah Kerja Tahun akan mengundang keluarga dan kerabat dari desa atau daerah lain.

Biasanya momen Kerja Tahun ini menjadi momen masak dan makan besar lho Sobat Santuy. Kalaupun tidak punya kerabat di sebuah desa, Sobat Santuy bisa datang ke rumah kepala desa. Bisa makan sepuasnya. Wiih.

Malam harinya juga akan ada Gendang Guro-Guro Aron, acara musik dan tarian tradisional Karo oleh anak muda desa.

Desa Kubu Simbelang dan beberapa desa lain hari ini kebetulan sedang merayakan Kerja Tahun. Tapi karena sedang dalam masa pandemi, Kerja Tahun tidak akan semeriah biasanya.

“Tahun ini tetap kita adakan. Tapi tidak boleh mengundang kerabat. Pesta tahunan di rumah saja,” kata Nd. Zean, bidan Desa Kubu Simbelang kepada suarakala.id Sabtu (25/4/2020) pagi.

Masyarakat desa memang masih terlihat belanja ke pasar, membuat tape dan cimpa, serta memotong hewan peliharaan seperti sapi, ayam, dan lain-lain. Tapi tentu dengan porsi pas-pasan Sobat Santuy. Cukup untuk sekeluarga saja.

Terpisah, Biring Regi mengatakan, bahwa Kerja Tahun memang harus diadakan meskipun sedang ada wabah Corona.

Eits, tapi bukan berarti tidak mengindahkan imbauan pemerintah ya Sobat Santuy.

“Pernah pesta tahunan tidak diadakan. Muncul wabah tikus yang menghabiskan seluruh hasil ladang,” kenang nenek 65 tahun itu.

Ngeri juga sih, wabah Corona saja masih membuat khawatir, bagaimana kalau ditambah wabah tikus ya Sobat Santuy?

Tapi ini kan kepercayaan masyarakat setempat. Mungkin saja memang kala itu wabah muncul bertepatan dengan tidak diadakannya Kerja Tahun kan.

Selamat Kerja Tahun untuk masyarakat Karo. Semoga Kerja Tahun kali ini membawa berkah meskipun dirayakan dengan sederhana. Dan jangan lupa, #dirumahaja ya Sobat Santuy. (Aminah)

previous article
next article
No comments

leave a comment