HomeBeritaPemilik Bisnis Perlu Digaji?

Pemilik Bisnis Perlu Digaji?

SUARAKALA.id, Batam– Sobat Santuy yang lagi merintis usaha atau bisnis jangan sampai memaksakan diri, tidak mendapatkan apa-apa dari yang dihasilkan.

Namun, jangan juga sebaliknya. Menggunakan uang secara tidak terukur untuk kebutuhan pribadi. Memang saat bisnis baru dimulai, seorang pemilik bisnis atau business owner sering harus melakukan segala hal sendiri.

baca juga : Fuckboy & Fuckgirl Starter Pack versi Anya Geraldine

“Seringkali, karena sumber daya kami masih terbatas, kerabat dan keluarga biasanya jadi karyawan “dadakan”, apalagi sedang ramai pengunjung,” kata Iko, owner Kakopila, kedai kopi yang berlokasi di depan bundaran SMA Negeri 3 Batam, Kepulauan Riau, kepada suarakala, Sabtu (23/1/2021).

baca juga : Apa itu Barista Kopi?

Namun setahu dia, hal yang sering menjadi keliru yaitu ketika ada yang menilai bisnis itu menguntungkan karena si pemilik bisnis dan kerabat atau keluarga tidak dimasukan ke dalam instrumen gaji.

Karena baru dalam berbisnis, setahu Iko belum ada rumus yang tepat bagaimana cara menggaji pemilik usaha. “Tapi usahakan alokasi total gaji karyawan <80 persen keuntungan bersih atau maksimal 15 persen dari omzet penjualan,” singgungnya.

Penulis : Aidit

Latest comment
  • 3.5

leave a comment