SUARAKALA.id – Sekadar informasi buat Sobat Santuy, ternyata kopi ada masa kadaluarsanya juga lho. Masa kadaluwarsa kopi berbeda-beda menurut wujudnya.

Yang paling lama masa kadaluwarsanya adalah green beans, kopi green beans dapat disimpan hingga lebih dari setahun. Sedangkan kopi yang telah dipanggang (roasted beans) memiliki masa⁣.

Green beans merupakan pilihan kopi terbaik karena bisa disimpan lebih dari setahun. Hanya saja Sobat Santuy harus menyangrai dan menggilingnya terlebih dahulu sebelum dapat menyeduh kopi tersebut.

baca juga : 5 Tips untuk Menjadi Barista Kopi yang Baik!

Berbeda dengan biji kopi yang telah disangrai (roasted beans), biji kopi ini sudah matang jadi anda hanya perlu menggilingnya saja sebelum menyeduhnya, seperti dikutip dari laman coffeeland Indonesia pada Sabtu (17/10/2020).
⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣
Faktor lain yang dapat merusak rasa dan aroma kopi adalah cara penyimpanan kopi. Sama seperti teh, penyimpanan kopi di dalam rumah juga harus tepat supaya biji kopinya tetap segar serta aroma dan rasanya tidak berubah.

Hal yang paling penting dalam penyimpanan kopi adalah kopi harus di simpan di dalam tempat yang kedap udara.

baca juga : Ini Syarat Menjadi Barista!

Kopi tidak boleh terkontaminasi oleh udara, kelembaban, panas dan cahaya. Jadi sebaiknya simpanlah kopi di tempat yang gelap dan kering.⁣

Selain itu, bubuk kopi yang segar mempunyai rasa dan aroma yang jauh lebih nikmat daripada bubuk kopi yang telah disimpan beberapa hari.

Apalagi jika bubuk kopi tersebut sudah disimpan dalam waktu yang terlalu lama hingga melebihi waktu kadaluwarsanya. Meski kenyataannya kopi yang telah kadaluwarsa masih bisa diminum, tetapi itu tidak disarankan.⁣

Penulis: Iko

Author

Write A Comment