Halaman Resmi BP Batam
HomeBeritaKecuali yang Ini, Boleh Pulang ke Indonesia

Kecuali yang Ini, Boleh Pulang ke Indonesia

SUARAKALA.id – Halo Sobat Santuy. Sekadar informasi, bagi pekerja/buruh swasta dan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ingin pulang ke tanah air/ repatriasi diimbau untuk menunda kepulangannya selama masa peniadaan mudik sementara periode 6 – 17 Mei 2021.

baca juga : Buat Paspor Di Hari Minggu Sudah Bisa Di Mall Botania 2, Cek Jadwalnya…

Itu berdasarkan Addendum Surat Edaran Ka Satgas Covid 19 Nomor 13 Tahun 2021 dan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/7/HK.04/IV/2021: terkait pengendalian penyebaran Covid-19.

Tapi ada pengecualian. Bisa melakukan perjalanan dengan membuat Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) di KBRI Singapura. Kategori pengecualian itu seperti diberitakan laman kemlu.go.id, pada Selasa (4/5/2021) diantaranya:

  1. Kunjungan keluarga inti yang Sakit
  2. Kunjungan Duka /Meninggal anggota keluarga inti
  3. Ibu Hamil ditemani 1 orang anggota keluarga
  4. Kepentingan Persalinan ditemani maksimum 2 orang anggota keluarga
  5. Ijin Tinggal /Kontrak Kerja di Singapura sudah habis;
  6. Selesai /Putus masa studi
  7. Deportasi.

Silahkan mengajukan permohonan SIKM melalui online antrian di https://services.indonesianembassy.sg dengan memenuhi persyaratan yang diperlukan, dan menyertakan nomor registrasi lapor diri yang dapat di lakukan melalui laman Portal Peduli WNI: https://peduliwni.kemlu.go.id/beranda.html

Pada masa H-14 dan H+7, semua pelaku perjalanan dalam negeri / domestik wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR/Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau surat keterangan hasil negatif tes GeNose C19 di Bandar Udara dan mengisi e-HAC Indonesia (https://inahac.kemkes.go.id/)

Anak-anak di bawah usia 5 tahun tidak diwajibkan untuk melakukan tes RT-PCR/Rapid Test Antigen/Tes GeNose C19 sebagai syarat perjalanan.

Penulis : Iko

No comments

leave a comment