SUARAKALA.id – Sobat Santuy yang hobi traveling ke luar negeri, tapi mendapat musibah. Misal paspor hilang. Atau menjadi korban tindak kejahatan di sana! Kini tak perlu lagi khawatir. Kemeterian Luar Negeri RI kini sudah menyiapkan aplikasi khusus untuk Sobat Santuy.

Namanya Safe Travel. Aplikasi ini berisi informasi praktis yang diperlukan oleh warga negara Indonesia (WNI) yang akan atau sedang berada di luar negeri dengan berbagai keperluan masing-masing diantaranya wisata, studi, TKI, bisnis, dan lainnya.​

Dikutip suarakala.id dari laman kemenlu.go.id pada Kamis (28/5/2020), kalau aplikasi Safe Travel ini baru launching beberapa waktu lalu.

Menu panggilan darurat. FOTO/ suarakala.id

Melalui aplikasi ini, Sobat Santuy dapat mengakses informasi pelayanan yang disediakan oleh KBRI/ KJRI/ KRI. Sobat Santuy tak perlu lagi khawatir apabila paspor Sobat Santuy hilang. Cukup ikuti petunjuk dan persyaratan dalam aplikasi untuk mendapatkan dokumen pengganti.

Aplikasi ini juga punya fitur DARURAT yang dapat digunakan untuk meminta pertolongan cepat dalam kondisi yang mebahayakan jiwa anda. Atau Sobat Santuy menjadi korban tindak kejahatan di luar negeri.

Sobat Santuy dapat mengirimkan lokasi, merekam video dan menelpon KBRI/ KJRI/ KRI terdekat dan melaporkan kejadian yang Sobat Santuy alami.

Selain itu, Sobat Santuy dapat juga mengakses informasi negara tujuan yang meliputi: perbedaan waktu, kondisi keamanan, hukum dan kebiasaan setempat, persyaratan keimigrasian, kesehatan, pelayanan di KBRI/ KJRI/ KRI, kuliner Indonesia hingga tempat ibadah.

Jadi dengan mendaftarkan perjalanan ke luar negeri melalui Safe Travel, Sobat Santuy juga akan mendapatkan notifikasi berupa imbauan, saran, maupun peringatan terkait negara tempat Sobat Santuy berada.

Gitu deh, informasi dari Kemeterian Luar Negeri RI. Semoga bermanfaat yah!

Penulis : Aidit

Author

Write A Comment