SUARAKALA.id, Batam – Ayah Bunda. Ketika bicara soal Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tetaplah menjaga kata. Biasakan untuk menyebut “anak normal”  itu dengan sebutan “anak-anak biasa”.

“Sebab, kata normal itu menjadi momok bagi orang tua. Kenapa sih anak biasa dikatakan normal? Kemudian anak kita artinya tidak normal dong?”

“Nah kalau anak kita tidak normal, dari kata tidak normal ini, kita sudah merasa didiskriminasi,” sejumlah keluhan dari orang tua ini disampaikan oleh Kepala Sekolah SLB Putra Kami, Hefrina, S.Psi kepada suarakala.id, Senin (16/11/2020).

Hefrina, atau biasa disapa Iin selalu berusaha menjaga penggunaan kata normal dan tidak normal. Tapi menggantinya dengan sebutan anak-anak biasa atau anak-anak regular. Pihaknya, selalu menjaga penggunaan kata tersebut agar proses konsultasi dan konseling berjalan dengan baik.

“Memang ketika melihat ekspresi orang tua anak anak istimewa ini ketika kita mengutarakan kata Anak Berkebutuhan Khusus tanpa disadari ada kesan marah, minder, rendah diri,” kenang Hefrina yang sudah 17 tahun mengabdi di Lembaga Putra Kami tersebut.

Jadi ketika itu sudah muncul di awal proses pemberian penanganan kepada anak-anak, dalam tahap konsultasi saja orang tua belum bisa terbuka atau membuka diri akan informasi detail tentang kondisi anaknya. Dan ini akan menjadi catatan pada akhirnya.

“Bahkan mengatakan anak lemah berpikir saja kita juga perlu berhati-hati, karena kemampuannya tidak sama dengan anak biasa. Harus dimunculkan sesuatu yang bisa membangun motivasi orang tua, agar orang tua tidak menyimpan anaknya di rumah,” pesan Hefrina.

Hefrina menyebut, ini penting. Sebab, orang tua untuk hadir ke klinik tumbuh kembang atau ke dokter anak untuk menanyakan bahwa anaknya tidak berkembang seperti anak kebanyakan jadi beban.  

Untuk itu, Ayah – Bunda jangan gunakan bahasa yang membuat orang di sekitar lingkungan Anak Berkebutuhan Khusus merasa didiskriminasikan. Terima kasih untuk pengertiannya.

baca juga : Je Yatmoko Bedah Film Batam : Arumi, Night is Blue

Penulis : Iko

Author

Write A Comment