SUARAKALA.id – Sepekan kerja dan belajar di rumah diterapkan atau social distance, ternyata ada yang menonjol. Layanan data XL naik sampai 16 persen.

Yang paling tinggi kenaikan menurut jenisnya itu adalah Ruang Guru 48 persen, Netflix 46 persen, Facebook 11 persen, WhatsApp 10 persen dan Mobile Legend 8 persen. 

“Selain itu, Google Classroom 2.354 persen, Brainly 84 persen, Zenius 54 persen, dan Udemy 44 persen,” tulis (Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam rilisnya, Senin (23/3/2020). 

Kemudian, untuk media sosial, pelanggan banyak memantau perkembangan dan informasi terkait wabah covid-19 di Facebook sebesar 11 persen, Instagram 2 persen, Youtube 3 persen, dan Twitter 3 persen. 

Akses ke web browsing juga ikut meningkat, yaitu sebesar 2 persen, termasuk ke website-website yang menyediakan informasi seputar Covid-19. 

Aplikasi berbagai media online yang menyediakan berita-berita update tentang peristiwa besar ini juga meningkat signifikan, yaitu rata-rata sebesar 8 persen.     
“Layanan percakapan instan seperti WhatsApp secara nasional mengalami kenaikan trafik sebesar 10 persen, LINE 1 persen, dan Telegram 12 persen,” katanya. 

Akses hiburan seperti gim trafiknya juga naik  6 persen dan streaming film (Netflix, Hooq) 38 persen.

Lanjut Darmayusa, selama sepekan ini juga jumlah mobilitas pelanggan yang ke luar negeri dan jumlah pelanggan luar negeri yang datang ke Indonesia juga mengalami penurunan. 

“Pelanggan keluar negeri (outbound) turun 41 persen, pelanggan dari luar negeri yang menggunakan jaringan XL Axiata (inbound) turun sekitar 16 persen,” timpalnya.

Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi juga memastikan selama pemerintah menyerukan social distancing, kebutuhan atas layanan internet dan data,  kemungkinan besar akan terus meningkat. 

“Kekuatan jaringan XL ditopang oleh total lebih dari 130.000 BTS, termasuk lebih dari 40.000 BTS 4G di 425 kota/kabupaten,” kata Desy. 

Fiberisasi jaringan telah terlaksana lebih dari 50 persen dari total BTS yang berada di berbagai provinsi di Indonesia. (Kala/*)

Write A Comment