SUARAKALA.id – Hai Sobat Santuy pecinta kopi. Untuk menjadi barista yang baik, yang dapat membantu saat bekerja atau menjalankan bisnis, tentu ada tipsnya.

Dikutip suarakala.id dari laman Sasame Coffee, pada Kamis (15/10/2020), Berikut sejumlah tips untuk menjadi barista yang baik:

baca juga : Ini Syarat Menjadi Barista!

  1. Sabar

Penting untuk belajar ramah tamah dan melatih kesabaran dalam menghadapi pelanggan ya Sobat Santuy. Bayangkan saja, jika yang pendekar berhasil ditaklukkan sindiran dari pelanggan biasa pasti tidak ada apa-apanya.

  1. Jangan ragu bereksprimen.
    Jangan ragu bereksprimen dan membuat bermacam kopi. Meski Sobat Santuy adalah seorang lulusan sekolah barista atau sudah berpengalaman di dunia perkopian, eksperimen tetap dibutuhkan. Tanpa mencoba hal yang baru, Sobat Santuy tidak akan bisa berinovasi.
  1. Rajin-rajin melakukan rinsing pada group head.
    Rinsing mungkin terlihat sepele, tapi rajin melakukannya ternyata berpengaruh pada hasil keseduhannya.

Karena sisa ekstraksi atau bahkan ampas dari seduhan sebelumnya tidak tercampur dengan minuman baru. Jadi hasilnya bisa lebih konsisten dan bebas dari bau dan rasa yang tidak enak.

  1. Buat blend yang tidak bergantung pada satu varietas.
    Houseblend dan cafe ibaratnya HP dan baterai. Ketika dayanya habis maka alat tidak akan bekerja.

Oleh karena itu, banyak ahli racik yang memilih untuk menghabiskan waktu bereksperimen agar mendapat formula yang seimbang dengan menggunakan beragam jenis kopi. Artinya, risiko kehabisan green bean dapat diperkecil.

  1. Tawarkan menu yang spesial hari itu.
    Untuk apa capek-capek bereksperimen tapi tidak ada yang mencoba sajian yang Sobat Santuy buat.

Jangan malu menawarkan menu spesial di cafe kepada tamu yang datang. Dengan begitu Sobat Santuy bisa mendengar tanggapan dan juga respon orang yang menikmatinya.

Benahi rasa jika ada masukan dari pelanggan. Siapa tahu, karena nikmat sajian baru itu bisa masuk ke dalam menu reguler di kedai kopi Sobat Santuy.

baca juga : Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta

Selamat mencoba!

Penulis : Iko

Author

Write A Comment